-->

Breaking

logo

Tuesday, February 13, 2018

Unik, Berkirim Surat Lewat Mailbox Bawah Laut

Unik, Berkirim Surat Lewat Mailbox Bawah Laut


Saat biasanya zaman dulu berkirim surat masih melalui kotak surat—belum menggunakan surel—beberapa lokasi wisata ini punya cara yang unik. Berkirim surat via bawah laut. Bagaimana caranya?

Ya, beberapa wisata di negara-negara ini punya jaringan surat bawah laut. Tepatnya, menempatkan kotak surat di dalam air. Tentunya, kegiatan ini harus dibarengi dengan aktivitas menyelam agar surat-surat yang akan dikirim bisa sampai ke tempat tujuan.

Pulau Hideaway, Vanuatu

Lokasinya sekitar tiga meter di bawah laut. Kantor pos yang sudah berdiri sejak 2003 ini jadi salah satu yang paling terkenal di dunia. Kantor pos ini menyediakan kartu pos kedap air yang didesain spesial sehingga para wisatawan bisa menyetorkannya pada kotak pos terendam dengan tangan mereka sendiri, atau meminta tolong petugas melakukannya.

Susami Bay, Jepang


Jepang juga punya kotak bawah air sebagai objek pertama yang ada di dunia. Tepatnya di Susami, Wakayama Prefecture. Kotak pos bawah laut ini juga jadi yang terdalam sebelum ada objek lainnya di Malaysia, mencapai 10 meter. Padahal, sebelum adanya kotak surat unik ini, Susami tak punya atraksi istimewa. Sampai akhirnya pada 1999 hadir dan jadi aktivitas menyenangkan sekaligus unik di sana.
Para penyelam bisa membeli kartu pos kedap air di toko terdekat dan ditulis dengan pulpen berbasis minyak. Lalu mulailah menyetorkannya pada kotak pos bawah air yang akan dikolektif setiap beberapa hari sekali. Jangan salah, setiap tahunnya kotak pos ini bisa menerima 1.000-1.500 surat.

Pulau Layang-Layang, Malaysia


Kotak pos ini punya kedalaman hingga 40 meter di bawah laut. Cara mengirimkannya di sini berbeda, yakni kartu pos biasa yang dimasukkan dalam plastik tahan air lalu ditandai dengan cap pos spesial. Uniknya lagi, stampelnya mennggunakan logo Malaysia Book of Records.

Bahamas


Walau sudah tak eksis, kantor pos Sea Floor di Bahamas ini merupakan objek bawah laut pertama yang ada di dunia. Berdiri pada tahun 1939 dan didirikan oleh seorang fotografer asal Amerika Serikat yang juga jadi pelopor fotografi bawah laut. Sayangnya, kantor pos bawah laut ini hanya berdiri sebentar, pada 1941 Sea Floor kembali ditutup.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact